Tips untuk Cetakan Sempurna (Untuk Pemula)

Tidak dapat disangkal, cetakan foto masih tetap menjadi cara berbagi kenangan yang paling populer. Dengan printer yang tepat dan beberapa teknik sederhana, gambar Anda dapat terlihat setajam yang diproses di laboratorium. Baca terus untuk beberapa tips hebat untuk mendapatkan hasil cetakan terbaik.

Tips untuk Cetakan Sempurna (Untuk Pemula)

Mulailah dengan Gambar yang Bagus
Hal pertama yang Anda butuhkan untuk mendapatkan cetakan yang baik – gambar berkualitas tinggi. Gambar yang hanya terlihat bagus di layar tidak cukup. Inilah yang akan dimiliki file gambar yang baik:

Resolusi Bagus
Resolusi mengacu pada jumlah piksel dalam suatu gambar {biasanya dinyatakan dalam dpi (titik per inci) atau PPI (piksel per inci).}. Semakin banyak piksel yang dimiliki foto, semakin jernih dan detailnya yang akan dipertahankan saat Anda meningkatkan dimensinya. Resolusi juga dapat dinyatakan dengan lebar dan tinggi gambar, dan jumlah total piksel yang dikandungnya. Misalnya, gambar dengan lebar 1500 piksel dan tinggi 2100 piksel (1500 x 2100) berisi 3.150.000 piksel — atau hampir 3,2 mega piksel.

Sebagian besar kamera digital menawarkan berbagai pengaturan resolusi. Sebaiknya gunakan pengaturan berkualitas tinggi jika Anda berencana untuk mencetak gambar berukuran besar. Berikut ini beberapa pedoman umum:
Kurang dari 640 x 480 piksel = Cetakan ukuran dompet. Baik untuk mengirim email ke teman, pajangan gambar di lemari es dll.
640 x 480 piksel = 4 “x 6” cetak foto. Ini akan menjadi yang terbaik untuk album foto, Penggunaan umum termasuk proyek kerajinan (scrapbook, stiker, dll).
1152 x 864 piksel = 5 “x 7” foto dicetak. Ini bagus untuk membingkai untuk tampilan rumah, screensaver dan kartu ucapan foto
1600 x 1200 piksel = 8 “x 10” atau lebih besar. Baik untuk membingkai, screensaver untuk tampilan rumah atau galeri dan kalender foto

Format terbaik
Bahkan jika gambar Anda beresolusi tinggi, Anda masih perlu menyimpannya dalam format file yang benar: TIFF atau JPEG. Untuk hasil pencetakan terbaik, selalu simpan gambar Anda dalam format TIFF (contoh: my_friends.tiff). Meskipun format ini menghasilkan ukuran file yang sedikit lebih besar, itu akan menghasilkan hasil yang paling memuaskan. Format JPEG (contoh: my_friends.jpg) lebih disukai untuk mengirim foto melalui email karena menghasilkan file yang lebih kecil dan terkompresi — ideal untuk mengirim secara elektronik.

Kontrol kualitas
Gunakan program pengeditan gambar yang bagus untuk menghilangkan bekas debu dan noda pada foto Anda. Printer pasti akan menerima ketidaksempurnaan meskipun ukurannya sangat kecil. Anda juga dapat menggunakan opsi penajaman untuk lebih jelas menentukan tepi objek dalam cetakan Anda.
Gunakan Printer yang Baik dan Ketahui Cara Menggunakannya
Setelah Anda terbiasa dengan fitur dan pengaturan printer Anda, Anda akan bisa mendapatkan hasil terbaik.

Hindari Dilema DPI
Dots per inch (dpi) adalah ukuran resolusi cetak yang menunjukkan jumlah titik individu yang dapat dibuat oleh perangkat pada halaman per inci persegi area. Untuk hasil cetak yang tajam, penuh warna, dan terlihat profesional, Anda harus memilih printer dengan setidaknya 600 x 600 dpi. Jika tidak, foto Anda mungkin berubah menjadi pudar (objek akan tampak bergerigi dan berbintik-bintik).

Driver Printer
Driver printer memainkan peran penerjemah, bertindak sebagai media komunikasi antara printer Anda dan komputer. Untuk membantu memperbaiki masalah dan membawa peningkatan kinerja yang signifikan, penting untuk menggunakan versi terbaru yang tersedia untuk printer Anda. Pabrik printer secara teratur memperbarui driver, dan Anda dapat mengunduh versi baru secara gratis dari situs web perusahaan.

Pengaturan Resolusi
Lihat manual printer Anda untuk mempelajari cara mengubah pengaturan kualitas. Biasanya, Anda menginginkan resolusi ‘kualitas terbaik’ untuk foto; namun, untuk cetakan ukuran dompet, resolusi ‘normal’ mungkin cukup. Lakukan percobaan dengan pengaturan printer Anda untuk melihat mana yang memberi Anda hasil yang memuaskan.

Pengaturan Kertas
Pengaturan kertas mengontrol jumlah tinta yang diletakkan di atas kertas; oleh karena itu, menggunakan pengaturan yang sesuai dengan kertas foto Anda sangat penting untuk menghasilkan cetakan yang baik. Saat Anda menemukan pengaturan yang paling cocok untuk jenis kertas tertentu, catat itu sehingga Anda akan bisa mendapatkan hasil yang sama saat Anda menggunakan kertas itu lagi.

Bersih dan jelas
Menjalankan fungsi ‘bersih’ di printer Anda setiap dua hingga tiga bulan meningkatkan penampilan cetak dan mencegah masalah seperti goresan dan penyumbatan. Anda dapat mengakses pengaturan ‘properti’ untuk melakukan tindakan pemeliharaan seperti membersihkan nozel printer dan menyelaraskan print head.
Pahami Tinta dan Kertas Anda
Persediaan cetak pilihan Anda, seperti kertas dan tinta, dapat membuat perbedaan antara cetakan yang baik dan yang hebat.

Pemilihan Kertas dan Tinta
Menggunakan perlengkapan Original Equipment Manufacturer (OEM) pasti akan meyakinkan Anda akan kualitasnya, tetapi harganya pasti mahal. Saat ini, Canon dan HP membanggakan tinta yang memberikan warna optimal dan ketahanan fade hingga 110 tahun. Persediaan non-OEM jelas lebih murah, tetapi masih bisa diperdebatkan apakah mereka dapat mencapai kualitas yang sama.

Waktu pengeringan
Sebelum Anda membingkai cetakan foto atau menambahkannya ke lembar memo, pastikan untuk memberinya cukup waktu untuk mengering. Sebagian besar tinta dan kertas OEM dirancang untuk mengering dalam satu jam atau lebih, tetapi yang terbaik adalah membiarkan cetakan mengering sekitar 24 jam sebelum membingkai atau menempatkannya dalam album foto.
Jika Anda mencetak banyak gambar, lepaskan dari slide printer saat keluar dan sisihkan. Ini akan menghilangkan segala kemungkinan noda atau berlari secara tidak sengaja.

Sumber :